Siapa sih yang tidak kenal dengan sayur yang satu ini. Kangkung tidak hanya dikenal di Indonesia, tapi juga dikenal oleh banyak orang khususnya orang-orang Asia. Sedangkan untuk resep tumis kangkung itu ada bejibun, banyak versinya. Untuk resep tumis kangkung tauco ini saya bikin simpel dan cepat aja deh.

 

Di Indonesia seperti kita tahu tumis kangkung adalah makanan yang menjadi favorite banyak orang. Kangkung juga sangat mudah didapat di Indonesia. Bahkan sekarang ini kangkung sudah mulai terlihat dijual di Eropa khususnya Belanda. Masih belum banyak sih toko-toko Asia atau toko-toko Cina yang menjualnya. Hanya kadang-kadang kalau lagi musim, kangkung bisa dibeli hampir setiap minggu. Tapi kalau pas ngak lagi musimnya, kadang sampai 3 bulan kangkung itu ngak nongol-nongol.

Kebetulan minggu kemarin saya ada kunjungan teman dari Indonesia, trus mintanya di masakin makanan Indonesia. Eh, jauh-jauh datang ke Belanda, masa minta makannya tetep aja kangkung. Oh dasar NDESO! haha. Nah, payahnya pas ngak lagi musim kangkung disini. Setelah menjelajahi hampir semua toko-toko Cina di Amsterdam, akhirnya ngedapatin kangkungnya disini.

 

Pengorbanan hanya demi seikat kangkung 

Eh, jauh-jauh datang ke Belanda, masa minta makannya tetep aja kangkung. Oh dasar NDESO!

 

Lokasi toko ini sih memang agak jauh dari Amsterdam, tapi ngak apa apa, demi menyenangkan tamu kunjungan saya rela menggenjot sepeda tua saya selama satu jam untuk mendapatkan kangkung ini. Karena kangkung ini menggunakan saus tauco maka sekalian beli saus ini sebotol besar.

Resep tumis kangkung tauco yang sangat simpel ini saya dapat dari teman saya ini, katanya dia dapat resep ini dari emaknya dia jadi dijamin super lezat deh.

Di resep ini kangkung ditumis dan dicampur dengan bahan bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabe, tomat, kecap dan saus tauco.

Nah, seperti kita tahu kalau di Indonesia kangkung bisa dibeli dimana saja. Trus gimana dong kalo kita tinggal di luar negeri? seperti yang pasti kita tahu kangkung sangat sulit didapat, kalau kita lagi beruntung mungkin kita bisa membeli kangkung di toko-toko Asia seperti saya di Belanda.

Apabila kamu sulit mendapatkan kangkung, sebagai bahan pengganti juga bisa dimasak dengan bayam liar (wild spinach) karena bayam liar ini mempunyai tekstur hampir sama seperti kangkung.

 

Resep Tumis Kangkung Tauco

Prep Time: 15 minutes

Cook Time: 15 minutes

Total Time: 30 minutes

Yield: 4

Ingredients

  • 400 gram kangkung (cuci dan potong-potong)
  • 2 sendok makan minyak goreng
    Bumbu-bumbu:
  • 20 gram tauco
  • 1 bawang bombai atau 6 bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 cabe rawit, iris
  • 2 cabe merah, iris
  • 1 tomat potong
  • 2 sendok kecap manis
  • 2 cm Laos, digeprek
  • 1 sendok teh jahe
  • 2 daun salam
  • 1 sendok makan kaldu jadi

Instructions

  1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, cabe, jahe dan laos sampai wangi
  2. Tambahkan tomat, saus tauco dan daun salam.
  3. Tambahkan sedikit air dan kaldu tunggu sampai mendidih
  4. Tambahkan kangkung atau pengganti kangkung
  5. Tambahkan kecap manis sampai semua bumbu menyerap
  6. Siap disajikan
http://www.cookbakeeatlove.com/resep-tumis-kangkung-tauco-yang-simpel-dan-cepat-id/